IMPAKSI, GIGI GERAHAM KETIGA PALING BELAKANG TUMBUH MIRING. APAKAH PERLU DICABUT?

IMPAKSI, GIGI GERAHAM KETIGA PALING BELAKANG TUMBUH MIRING. APAKAH PERLU DICABUT?

Pada umumnya manusia mengunyah menggunakan 32 gigi, yaitu 8 gigi seri (insisivus), 4 gigi taring (caninus), 8 gigi geraham kecil (premolar) dan 8 gigi geraham (molar). Namun pada masa sekarang sering ditemukan masalah pertumbuhan geraham ketiga yang tumbuh terakhir atau dikenal dengan geraham bungsu. Pertumbuhan geraham ketiga atau geraham bungsu sering kekurangan tempat akibat jumlah lebar seluruh gigi (32 gigi) yang disebutkan di atas, lebih besar ukurannya dibandingkan lebar rahang manusia. Akibatnya, geraham ketiga yang tumbuh terakhir tidak memperoleh tempat lagi, atau hanya memperoleh sedikit tempat.

Geraham ketiga yang tumbuh miring akibat kekurangan tempat ini mengakibatkan banyak keluhan. Keluhan yang timbul seperti makanan mudah terselip, gusi paling belakang bengkak, gusi mudah berdarah dan sakit, radang kelenjar saliva bahkan gangguan membuka mulut (trismus). Lebih parah lagi pertumbuhan geraham ketiga yang miring ke arah mesial (depan gigi), dapat merusak gigi didepannya (merusak geraham kedua)

Lalu, bagaimana penanganannya?

Menimbang dari fungsi dan masalah yang ditimbulkan, gigi geraham ketiga (geraham bungsu) sebaiknya dicabut dengan pencabutan normal jika memungkinkan, atau operasi kecil geraham ketiga yang sering dikenal dengan Odontektomi. Sobat doktergigimu.com tidak perlu terlalu takut mendengar kata operasi, tindakan ini tidaklah beresiko jika dilakukan dengan prosedur yang benar, serta tidak terlalu sakit karena dokter pasti menggunakan obat bius untuk menghilangkan rasa sakit saat proses pencabutan geraham bungsu.

Jika sobat doktergigimu.com mengalami keluhan yang sama. Silahkan konsultasikan langsung dengan dokter gigi terdekat yang ada di sekitar rumah sobat. atau silahkan klik panel konsultasi di website ini. semoga sobat doktergigimu.com selalu diberikan kesehatan jiwa dan raga.. aamiiin ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *